Selasa, 30 Agustus 2016

Kebiasaan Kecil yang Membuat Anda Sukses

Seperti pepatah tua, ada seribu satu jalan menuju Roma. Artinya, cara untuk mencapai sebuah tujuan di dalam kehidupan tidak hanya satu saja. Hal yang serupa berlaku untuk mengejar kesuksesan Anda. Memang kita tidak bisa mengharapkan sukses dating bertubi-tubi kepada kita dengan hanya berdiam diri saja. Selain kejatuhan durian alias beruntung, ada mindset, skill, dan kiat tertentu yang harus Anda lakukan untuk dapat kiat tertentu yang harus Anda lakukan untuk dapat sukses.
Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang umumnya dilakukan oleh orang-orang sukses. Memang betul, cara meraih sukses tentunya berbeda bagi setiap orang, namun tidak ada salahnya jika kita mencobanya, kan? Tidak ada ruginya, justru banyak kemungkinan untungnya.


1. Manajemen Waktu yang Baik

 Waktu merupakan sumber daya yang tidak dapat diulang maupun dipercepat. Maka dari itu, kita harus memanfaatkan waktu di masa kini semaksimal dan sebaik mungkin. Pengelolaan waktu yang baik merupakan ciri khas dari pekerja yang sangat dihargai oleh atasan.

2. Hindari Menunda Tugas

Menunda untuk mengerjakan tugas sering dilakukan oleh kita, baik dalam lingkup sekolah maupun bekerja. Walaupun memang sulit untuk menjaga agar semangat kita tetap di puncak dalam menyelesaikan target dan kewajiban, namun mencegah penundaan dalam mengerjakan tugas sangat penting. Lakukan apapun yang dapat membuat Anda tetap bersemangat. Anda yang mengenal diri Anda sendiri, carilah caranya.
Salah satu cara untuk memotivasi yang biasanya ampuh adalah bayangkan kesuksesan seperti apakah yang nanti akan didapatkan, dan bagaimana perasaan Anda jika sampai di tahap tersebut. Lalu sadari bahwa untuk mendapatkan itu semua, Anda harus melalui semua kewajiban ini.
Cara kedua adalah memainkan sisi psikologis Anda sendiri. Secara teori di psikologi, jika Anda memberitahukan target diri sendiri ke rekan kerja secara public, Anda akan terpacu untuk benar-benar meraih target tersebut, karena ketika rasa malas mulai melanda, Anda akan merasa malu dan kecewa jika target tersebut tidak dapat dilakukan.

3. Buat Daftar Prioritas Tugas

 

Kalau perlu, sesaat setelah Anda bangun atau malam sebelum tidur, buatlah daftar prioritas tugas yang harus dikerjakan, mulai dari yang terpenting sampai ke yang tidak terpenting. Fokuskan diri Anda untuk bekerja sesuai dengan urutan tersebut.
Jika terdapat tugas besar yang harus diselesaikan dengan melakukan beberapa langkah, pecah lagi ke dalam beberapa poin, dan prioritaskan pula poin tersebut mulai dari yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Di zaman modern ini terdapat banyak aplikasi atau agenda manual untuk mempermudah pembuatan daftar prioritas tugas.
Cara ini merupakan salah satu hal yang penting untuk menjadikan diri Anda efektif dan efisien melakukan tugas.

4. Kuasai Pikiran Anda

 

Pikiran memegang peranan kuat di dalam kehidupan kita. Dengan mindset yang optimis, kita akan menjadi percaya diri dan ambisius dalam meraih apa yang kita inginkan. Kita akan memandang pekerjaan kita dengan positif. Jika Anda gagal dalam tugas sebelumnya, jangan patah semangat. Ingat, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Peribahasa tersebut bukanlah suatu kebohongan belaka, tapi memang kenyataannya kegagalan Anda tidak menentukan kemampuan Anda. Justru jadikanlah itu mindset untuk memacu Anda melakukan yang lebih baik lagi.
Untuk melakukan apa yang Anda mau lakukan, dan mencapai apa yang Anda mau, pola pikir sangat berpengaruh pada keberhasilan. Yakinkanlah diri sendiri bahwa Anda mampu, dan kepercayaan diri akan meningkat setahap demi setahap.

5. Punya Rasa Empati

Anda bisa saja disiplin, pintar, dan berbakat dalam melakukan pekerjaan yang bersangkutan. Namun jika Anda tidak peduli terhadap lingkungan sekitar, baik itu kantor atau kelas, dan hanya fokus kepada kesibukan diri sendiri, dengan kata lain tidak bisa berempati terhadap sesama, Anda tidak dapat berkembang. Bersosialisasi membuat Anda belajar dan mengajarkan sesame rekan kerja, dan salah satu kemampuan dasar manusia yang telah dianggap wajib untuk bisnis era modern.
Empati, yang artinya kemampuan manusia untuk turut merasakan apa yang orang lain alami, membuat Anda menjadi seseorang dapat bekerjasama dalam tim dan memotivasi dengan baik. Empati adalah kebalikannya dari sifat apatis, dan mendorong orang yang bekerja untuk memiliki target lebih dari hanya gaji yang besar, namun juga berhubungan dengan orang lain.

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More