Rabu, 10 Juli 2019

"Surga Dijanjikan Untuk Orang² Beriman & Beramal Shalih"

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ngaji dulu yuk!
(Senin, 5 Dzulqaidah 1440 H./8-7-19M.)

"Surga Dijanjikan Untuk Orang² Beriman & Beramal Shalih"

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم
بسم الله الرحمن الرحيم

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ (٨) خَالِدِينَ فِيهَا وَعْدَ اللَّهِ حَقًّا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (٩)
"Sesungguhnya orang² yang beriman dan mengerjakan amal² shalih, bagi mereka surga² yang penuh kenikmatan; Mereka kekal di dalamnya sebagai janji Allah yang benar. Dan Dialah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana". (Qs. Lukman/31: 8-9)

⭐ Ayat di atas menyebutkan tempat kembali orang² yang bertakwa, yaitu mereka yang hidup berbahagia di negeri Akhirat. Mereka beriman kepada Allah, membenarkan para Rasul-Nya, serta beramal shalih yang mengikuti syariat Allah.
لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ
"Bagi mereka surga² yang penuh kenikmatan".
Mereka hidup ber-senang² di dalamnya, merasakan berbagai macam kenikmatan dan kegembiraan yang berupa makanan, minuman, pakaian, rumah, kendaraan, bidadari/a yang cantik/rupawan, pemandangan yang indah², serta mendengarkan nyanyian² merdu. Semuanya itu merupakan kenikmatan yang belum pernah terdetik di dalam hati seorang manusiapun. Mereka hidup kekal di dalamnya.
وَعْدَ اللَّهِ حَقَّا
"Sebagai janji Allah yang benar"

⭐ Surga yang dijanjikan Allah adalah nikmat spektakuler yang tidak bisa dibandingkan sedikitpun dengan semua kenikmatan dunia dengan segala isinya. Bahkan dalam banyak ayat Al-Qur’an Allah menjelaskan bahwa kehidupan dunia ini hanyalah kehidupan yang sedikit & menipu atau hanya permainan & sendagurau belaka. Oleh karena itu, janganlah kita tertipu oleh gemerlap kehidupan dunia ini yang tidak ada apa²nya jika dibandingkan dengan kehidupan akhirat.

⭐ Orang² beriman dan banyak beramal shalih (bertakwa) pasti akan merasakan semua kenikmatan Surga yang dijanjikan Allah. Nikmat yang mereka peroleh sungguh tak terbatas, bersifat abadi dan tidak ada henti²nya.

⭐ Tentang Surga yang dijanjikan, Allah Ta'ala memberi gambaran dalam firman-Nya:
"Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang² yang bertakwa; di sana ada sungai² yang airnya tidak payau, dan sungai² air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai² khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai² madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah²an, dan ampunan dari Tuhan mereka". (Qs. Muhammad/47: 15)

"Tetapi orang² yang bertakwa kepada Tuhannya, mereka mendapat kamar² (di Surga), di atasnya terdapat pula kamar² yang dibangun (ber-tingkat²), yang mengalir di bawahnya sungai². (Itulah) janji Allah. Allah tidak akan memungkiri janji(-Nya)".
(Qs. Az-Zumar/39: 20)

Ketika Rasulullah saw. ditanya tentang bangunan² di dalam Surga, beliau menjelaskan:
"Batu batanya ada yang dari emas dan ada yang dari perak, adukannya dari minyak misik azfar (yang sangat harum baunya), dan batu kerikilnya terdiri dari mutiara dan yaqut, sedangkan tanahnya dari za'faran. Barang siapa yang masuk ke dalamnya hidup senang dan tidak akan sengsara, serta hidup kekal dan tidak akan mati; pakaiannya tidak akan rusak dan kemudaannya tidak akan pudar..." (potongan HR. Tirmidzi & Ibnu Majah)

Allah Swt. berfirman:

تِلْكَ الْجَـنَّةُ الَّتِيْ نُوْرِثُ مِنْ عِبَادِنَا مَنْ كَانَ تَقِيًّا
"Itulah Surga yang akan Kami wariskan kepada hamba² Kami yang selalu bertakwa".
(Qs. Maryam/19: 63)

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya
Wallahu a'lam
(Silakan dikoreksi)
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More