Selasa, 22 Januari 2019

Assalamu'alaikum. Renungan pagi.

Assalamu'alaikum.
Renungan pagi.

Sahabat dan Kerabat, pada hari kemarin sudah kita bahas tentang istilah "amal jariyah", yaitu suatu perbuatan baik yang pahalanya akan terus menerus mengalir, tanpa putus, walaupun kita sudah meninggal dunia kelak.

Namun, tahukah kita bahwa selain "amal jariyah" ada juga "dosa jariyah" ? Dosa jariyah adalah suatu perbuatan buruk yang dosanya akan terus menerus mengalir, tanpa putus, walaupun pelakunya sudah meninggal dunia.

Lihatlah bahwa Allah SWT telah berfirman bahwa orang yang mengajarkan atau mencontohkan suatu perbuatan buruk, maka dia akan menanggung dosa orang yang mengikutinya : “Mereka akan memikul dosa-dosanya dengan penuh pada hari Kiamat, dan MEMIKUL DOSA-DOSA ORANG YANG MEREKA SESATKAN, yang tidak mengetahui sedikitpun (bahwa mereka disesatkan)". (QS. An-Nahl : 25).

Rasulullah SAW juga bersabda : "Barang siapa yang melakukan suatu perbuatan yang hasanah (baik) dalam Islam, maka baginya pahala dari perbuatannya itu dan pahala dari orang yang melakukannya sesudahnya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Barang siapa yang melakukan suatu perbuatan yang buruk, maka baginya dosanya dan DOSA ORANG YANG MELAKUKAN SESUDAHNYA, tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun". (HR. Muslim No.1017).

Subhanallah. Nauzubillahi minzalik.

Sahabat dan Kerabat, sungguh luar biasa akibat yang bisa timbul apabila seseorang pernah mengajarkan atau pernah mencontohkan suatu perbuatan buruk kepada orang lain.

Selama orang lain itu melaksanakan dan mengikuti perbuatan buruk itu, maka orang yang menjadi pelopornya akan bisa terus menerus mendapatkan dosa, sebagaimana dosa orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa orang-orang yang mengikutinya itu sedikitpun juga.

Sahabat dan Kerabat, jadi mari kita hindari dari mengajarkan dan mencontohkan suatu perbuatan yang buruk kepada orang lain, khususnya kepada keluarga kita yang ada di rumah, umumnya kepada rekan-rekan kita yang ada di kantor ataupun yang ada dilingkungan kita.

Semoga dengan itu, kita akan bisa terhindar dari "dosa jariyah" ini, yaitu suatu perbuatan buruk yang dosanya akan terus menerus mengalir, tanpa putus, walaupun kita sudah meninggal dunia kelak.

Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin.

Selamat pagi semuanya. Selamat menunaikan ibadah sholat Subuh. Selamat beraktifitas kembali.


Sumber : muslimafiyah.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More