Rabu, 12 Juli 2017

Pengertian, Definisi Analisis SWOT + Manfaat

Pengertian, Definisi Analisis SWOT + Manfaat – Sahabatku tercinta kita kali ini akan mengulas tentang Analisis SWOT, pengertian Analisis SWOT, definisi Analisis SWOT serta manfaat Analisis SWOT itu sendiri secara gamblang.

Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya

Analisis SWOT merupakan suatu bentuk instrumen perencanaan yang terdapat dalam organisasi atau dalam manajemen perusahaan yang secara sistematis dapat membantu dalam upaya penyusunan suatu rencana yang matang, baik itu untuk tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.
Analisis SWOT juga dapat juga diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif. Dalam hal ini analisa situasi dan kondisi berperan sebagai faktor masukan, kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu di catat baik-baik, bahwa analisis SWOT ini hanya di gunakan untuk tujuan menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebagai sebuah alat analisa yang dapat memberikan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Definisi Analisis SWOT

SWOT merupakan singkatan dari:
  • S = Strength (kekuatan).
  • W = Weaknesses (kelemahan).
  • O = Opportunities (Peluang).
  • T = Threats (hambatan).
Apakah Analisis SWOT itu?
Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
1. Strenght (S) atau disebut sebagai analisis kekuatan
Adalah suatu kondisi internal yang menjadi pendorong keberhasilan meraih posisi unggul  dari suatu organisasi atau perusahaan dalam menghadapi persaingan. Yang harus di lakukan dalam analisis ini adalah setiap organisasi atau perusahaan harus bisa menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul didalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
2. Weaknesses (W) atau disebut sebagai analisi kelemahan
Adalah suatu kondisi internal yang menghambat keberhasilan dari suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya. Weaknesses merupakan sebuah cara untuk menganalisis kelemahan sebuah organisasi ataupun perusahaan yang menjadi kendala serius dalam kemajuan suatu organisasi atau perusahaan. Misalnya jika perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang baik, maka perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan dengan sektor pemasaran.
3. Opportunity (O) atau disebut sebagai analisis peluang
Adalah suatu kondisi eksternal yang menjadi pendorong keberhasilan dari suatu organisasi atau perusahaan dan dapat memberikan peluang berkembangnya organisasi dimasa depan. Opportunity adalah sebuah alat analisa yang gunanya untuk mencari sebuah peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa sekarang ataupun di masa yang akan datang.
4. Threats (T) atau disebut sebagai analisis ancaman
Adalah suatu kondisi eksternal yang menghambat keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi atau perusahaan. Threat adalah sebuah alat analisa yang digunakan untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang dapat menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Manfaat Analsis SWOT

Metode analisis SWOT adalah sebuah metode analisis yang paling dasar, yang berfungsi  untuk melihat suatu topik ataupun permasalahan dari 4 empat faktor yang berbeda. Hasil akhirnya biasanya merupakan sebuah bentuk arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang mungkin akan terjadi. Jika digunakan dengan baik dan  benar, maka analisis ini akan dapat membantu sebuah organisasi ataupun perusahaan untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan sebuah instrumen yang sangat bermanfaat dalam menganalisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Itulah diatas mengenai sebuah uraian singkat mengenai pengertian analisis SWOT dan manfaatnya, terimakasih telah membaca dan semoga artikel ini dapat bermanfaat…
Informasi Pengertian :analisis swot ,pengertian swot ,analisa swot ,pengertian analisis swot ,manfaat analisis swot ,Apa itu SWOT ,SWOT adalah ,arti swot ,definisi swot ,pengertian analisa swot

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More