Selasa, 11 Juli 2017

Strategi Leader Efektif untuk Mengembangkan Perusahaan

Dalam suatu usaha pasti memerlukan strategi leader efektif supaya usaha yang dijalankan memiliki hasil yang maksimal. Pengertian kepemimpinan adalah suatu kemauan seseorang untuk mempengaruhi orang lain supaya dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan perusahaan. Sedangkan perusahaan merupakan kumpulan orang-orang yang bekerja untuk mencapai tujuan yang sama, dan seorang pemimpin sangat dibutuhkan untuk menetapkan tujuan tersebut.
Perusahaan akan menghadapi berbagai tantangan di dalam mencari dan mengembangkan pemimpin yang unggul. Pemimpin yang tidak hanya bekerja secara sendiri dan tanpa melibatkan siapapun merupakan suatu bentuk strategi leader efektif. Kepemimpinan yang efektif bukan sekedar suatu pusat kedudukan atau kekuatan, akan tetapi juga merupakan suatu interaksi aktif antar komponen yang efektif. Fungsi dari seorang pemimpin yang efektif adalah dapat membantu dalam mencapai tujuan organisasi, menggerakan anggota menuju tujuan tersebut serta mewujudkan interaksi dan keterikatan diantara individu dan memelihara kekuatan dan kohesi para anggotanya. Berikut beberapa strategi kepemimpinan yang efektif untuk mengembangkan perusahaan, antara lain :
Memiliki visi
Seorang pemimpin harus memiliki sebuah visi tentang apa yang ingin diciptakan. Kekuatan visi telah dipercaya dapat menjadi sebuah alat kunci dari kepemimpinan, karena seperti Alkitab berkata “tanpa visi, orang-orang akan menjadi binasa”.
Menjadi contoh yang baik
Di dalam menetapkan contoh yang baik orang akan cenderung meniru apa yang mereka lihat, daripada melakukan apa yang telah diperintahkan untuk dilakukan. Oleh karena itu pemimpin harus menjadi contoh yang baik tentang perilaku supaya para karyawan dapat mengambil contoh dari perilaku tersebut.
Menjadi komunikator yang baik
Pemimpin perlu menjadi komunikator yang baik dengan menggunakan sebuah presentasi, rapat dan situasi lain yang berhadapan secara efektif baik tertulis dan menggunakan media elektronik. Hal itu dapat digunakan sebagai salah satu strategi leader efektif, karena logika dan posisi kekuasaan tidak lagi cukup untuk mempertahankan posisi kepemimpinan di sebagian besar organisasi selama ini.
Menjadi manajer dibidang keuangan yang baik
Pemimpin perlu untuk menjadi seorang manajer yang baik, khususnya pada bidang keuangan, baik secara profesional atau pribadi. Banyak pemimpin sekarang ini telah menyadari pentingnya memiliki dasar finansial yang kuat untuk memungkinkan mereka lebih merasa aman dan melakukan apa yang mereka tahu dengan benar bagi organisasi mereka, daripada mengambil tindakan yang dapat melindungi posisi mereka sendiri di dalam suatu organisasi tersebut. Oleh karena itu apabila seorang pemimpin khawatir tentang masalah uang, maka akan sulit bagi mereka untuk dapat menginspirasi orang lain.
Itulah beberapa strategi leader efektif yang dapat Anda lakukan untuk  mengembangkan suatu perusahaan atau organisasi. Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, untuk itu Anda harus lebih bijaksana dalam menjalaninya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Salam Pencerahan!
TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Success Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

1 komentar:

contoh daftar riwayat hidup harus dibenerin nih, jangan sampai sulit dibaca sama HRD. terimakasih gan.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More