Kamis, 06 Juli 2017

Tips membangkitkan Motivasi

Ada beberapa hal untuk bisa membangkitkan motivasi diri seseorang. Saya akan memberikan tipsnya berikut ini:
  1. Membuat Tujuan. Mengapa harus membuat tujuan? Ya, tentu karena motivasi lahir lewat tujuan. Ketika kita membuat satu tujuan pasti ada hal yang ingin kita capai. Hal itul akan menjadi sebuah motivasi besar dari diri seseorang untuk bisa melakukan hal apapun demi tercapainya tujuan tersebut. Hal terpenting dalam membuat tujuan adalah harus menjawab 2 pertanyaan. Pertanyaannya adalah what dan why. What adalah pertanyaan tentang apa yang ingin kita capai dalam hidup. Dan why adalah pertanyaan tentang mengapa kita harus mencapai hal tersebut. Tujuan haruslah tentang apa yang paling ingin kita capai dalam hidup. Jika tujuan kita kurang berarti dalam hidup, maka tidak akan memunculkan motivasi besar. Hal terpenting lainnya adalah alasan kuat tentang mengapa kita harus mencapainya. Alasan yang kuat akan menjadi bahan bakar tak akan habis untuk energi kita dalam mencapai sukses.
  2. Membaca Buku. Selain membuat tujuan yang sangat kuat kita juga perlu membaca buku. Mengapa membaca buku penting? Wah, kalau seperti ini pertanyaannya pasti akan banyak dan panjang sekali jawabannya. Tapi dalam hal membangkitkan motivasi, membaca adalah salah satu cara untuk membangkitkan motivasi. Mengapa? Karena di dalam buku ada banyak sekali cerita-cerita orang sukses. Di dalam buku juga akan diajarkan banyak tips dan trick tentang rahasia orang sukses dan bagaimana cara mereka mencapainya. Cerita -cerita tersebut dapat kita jadikan inspirasi, sehingga membuat kita termotivasi untuk mencapai hal yang sama.
  3. Melihat atau mendengar cerita orang yang sudah sukses. Mengapa hanya dengan melihat dan mendengar bisa membangkitkan motivasi? Ya, sangat jelas. Efek ini sama besarnya dengan membaca buku. Dengan mendengar langsung atau melihat secara langsung dari orang yang sudah sukses, emosi positif kita juga akan ikut merasakan semangat dari keberhasilan mereka. Tentunya ini juga akan menjadi inspirasi serta motivasi bagi diri untuk bisa berhasil seperti orang sukses tersebut.
  4. Mengikuti seminar atau lokakarya. Motivasi adalah sesuatu yang kekuatannya tidak konstan. Kadang motivasi diri pada saat tertentu sangat tinggi. Kadang juga pada saat tertentu motivasi diri sangatlah kecil. Mengapa? ada banyak faktor tentunya. Nah, di dalam seminar biasanya banyak motivator yang mampu membangkitkan motivasi kita. Motivasi yang diberikan tentunya adalah suntikan semangat yang besar, namun ini tidak akan bertahan lama. Kenapa? Karena ini adalah motivasi secara eksternal bukan dari dalam diri.
Satu persamaan dari keempat tips diatas adalah kita dapat termotivasi melakukan suatu hal karena suatu alasan. Tanpa adanya alasan kuat, kita pastinya enggan untuk melakukan sesuatu.
Contohnya saja para pemain sepak bola. Mereka mau menjalani latihan fisik secara rutin serta bermain semaksimal mungkin karena satu alasan. Ada satu alasan untuk memotivasi mereka agar mau melakukan hal itu. Alasannya adalah menjadi juara. Mereka punya tujuan.
Jadi para pembaca sekalian, sebenarnya hal terbesar untuk membangkitkan motivasi diri diri adalah adanya TUJUAN.
Jika Anda belum memiliki tujuan terbesar dalam hidup Anda. Kinilah waktunya untuk Anda tuliskan tujuan terbesar Anda. Kemudian miliki motivasi terbesar untuk mencapainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More