Minggu, 04 Maret 2012

Syarief Hasan: Jumlah Koperasi Berkualitas Capai


RMOL. Sampai akhir tahun 2011, jumlah koperasi berkualitas di Indonesia telah mencapai 54.643 unit koperasi atau 77,30 persen dari total target sebanyak 70.000 koperasi.

Angka pencapaian itu, kata Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, tersebar di berbagai provinsi. Pencapaian di atas 100 persen berada di tujuh provinsi, yaitu Sumatera Barat, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Gorontalo, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Sedangkan pencapaian antara 75 persen-100 persen berada Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur,  Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Kalimantan Selatan.

Sementara pencapaian di atas 55 persen-75 persen, masih kata Syarief, berada Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat dan Maluku Utara. Sedangkan pencapaian di bawah 55 persen berada Aceh, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Irian Jaya Barat dan Papua.
     
"Selama 2011, program penciptaan pertumbuhan koperasi berkualitas, telah dilakukan pemeringkatan koperasi di 10 propinsi kepada 1.014 unit koperasi," kata Syarief baru-baru ini.

Syarief juga berjanji akan terus melakukan penguatan koordinasi antar-instansi yang membidangi Koperasi dan UKM, untuk mendorong pertumbuhan koperasi berkualitas.

"Kementerian Koperasi dan UKM telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya melalui rapat-rapat regional, rapat koordinasi nasional dan kegiatan Temu Konsultasi Nasional yang diikuti oleh seluruh Kepala Dinas tingkat Kabupaten dan Provinsi," demikian Syarief. [ysa]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More