Minggu, 04 Maret 2012

Kartu Kredit, Antara Hantu dan Malaikat


TEMPO.COBandung -Siapa bilang kartu kredit »hantu” menakutkan. Kartu kredit bisa menjadi »malaikat” penolong saat darurat dan memberi banyak keuntungan asal tahu cara menggunakannya. Dalam Bincang @tempo.co bertema »Cara Untung dengan Kartu Kredit”, Sabtu 3 Maret 2012 di Bandung, dikupas bagaimana cara bijak menggunakan kartu kredit.
Perencana Keuangan Fin-Ally, Kurniawan Sukmanagara mengatakan memiliki kartu kredit berarti ada yang menggontrol pengeluaran karena harus membayar sebelum jatuh bulan. »Karena tahu tagihan pengeluran besar jadi sadar untuk mengurangi pengeluaran bulan berikutnya,” katanya.
Kenapa perlu mengontrol pengeluaran? Menurut Kurniawan, selama ini banyak orang salah dalam mengalokasikan pendapatannya. Biasanya, lanjut dia, investasi dilakukan jika ada sisa setelah pengeluaran. »Ini salah,” ujar penulis tamu di blog Tempo.
Kurniawan menjelaskan investasi harus dilakukan di awal demi masa depan. Alasan lain, pengeluaran itu bisa dikendalikan. »Kalau ada yang mengontrol keuangan, berarti bisa investasi,” katanya.
Keuntungan lain juga bisa dirasakan ketika mengalami kecelakaan dan masuk rumah sakit, biasanya rumah sakit butuh jaminan pembayaran. »Kalau ada kartu kredit bisa langsung dirawat dan tidak perlu repot mencari uang kas,” Kurniawan mencontohkan.
Tapi, Kurniawan mengingatkan bagi pengguna kartu kredit harus memahami besaran bungga, jenis kartu kredit, fasilitas, manfaat, biaya-biaya lain serta benefit tambahan atau promo yang ditawarkan. »Cek dulu itu,” ujarnya.
RINA WIDIASTUTI

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More